featured-image-apa-itu-freelance-contoh-pekerjaan-kelebihan-dan-kekurangan

Apa itu Freelance? Contoh Pekerjaan,Kelebihan, dan Kekurangan

Diposting pada

Genstrix.com – Apa itu freelance?Mengapa pekerjaan ini sangatlah populer di era teknologi dan digital seperti sekarang ini,khususnya bagi kalangan anak muda yang lebih sering menggeluti hal ini.

Istilah freelance diperkenalkan oleh seseorang yang bernama Sir Walter Scott yang berasal dari Britania Raya dalam novelnya yang berjudul “Ivanhoe” untuk menggambarkan seorang “tentara bayaran abad pertengahan” untuk sebuah “tombak yang bebas” (“free-lance”) yang menunjukan bahwasanya tombak itu tidak disumpah untuk melayani majikan apapun.

Itulah sekilas sejarah tentang istilah yang mana sekarang ini sedang ramai-ramainya orang ingin bekerja rumahan.Pekerjaan ini mendapatkan minat yang cukup lumayan banyak,baik itu dari kalangan anak muda,remaja,hingga dewasa.Di Indonesia sendiri juga sudah banyak para pekerja yang sudah sukses berkarir sebagai seorang pekerja lepas.

Pekerjaan ini sangatlah beragam,ada yang menjadi desainer grafis,animator,video editor,voice over,web programing,dan masih banyak lagi.Nah pada kesempatan kali ini,kita akan membahas lebih detail nih pekerjaan yang biasa dilakukan oleh seorang pekerja lepas.

Apa itu Freelance?

apa-itu-freelance

Freelance adalah sebuah pekerjaan yang dapat dilakukan dari mana saja,tanpa ada seorang bos yang mengatur sebagaimana bekerja pada umumnya.Para freelance bebas bekerja kapan saja,dari mana saja, dan rata-rata memiliki gajih yang tidak bisa di tentukan,semuanya tergantung dari kegigihan dan potensi masing-masing.

Jadi,seorang freelancer itu tidak bisa di samakan dengan para pekerja lainnya,misalkan bagi para karyawan,atau bagi pekerja kantoran.

Contoh Pekerjaan Freelance

contoh-pekerjaan-seorang-freelance

Jenis-jenis pekerjaan seorang freelance itu sangatlah beragam.Jenis pekerjaan yang umum itu seperti desain grafis,video editor,animator,blogger,web,dan masih banyak lagi.

Bahkan sekarang para pekerja lepas banyak yang mendunia dikarenakan kreatifitas yang sangat berkualitas membuat karya-karya mereka di sukai oleh banyak orang.Menjadi seorang pekerja lepas itu memang tidak pasti kapan gajihan,dan jumlah gajihan pun kadang tidak menentu,itu di karenakan pekerjaan ini hanya menunggu atau mencari seorang klien yang membutuhkan jasa tersebut.

Apabila seorang klien itu cocok dengan apa yang ia cari kepada pekerja lepas,maka si klien ini akan langsung mengontrak atau mengorder jasa si pekerja ini tadi.Untuk masalah biaya,para pekerja lepas biasanya akan berdiskusi dahulu kepada calon klien tersebut,apakah jasa akan di sewa per jam,per hari,atau bahkan per bulan.

Akan tetapi,banyak juga pekerja lepas yang sudah membuat daftar list harganya sendiri untuk penggunaan jasa yang di tawarkan,ini biasanya di lakukan karena mereka sendiri ingin menghindari yang namanya “low price” atau “harga murah”.

Apalagi biasanya ada teman-teman ataupun sahabat dekat,itu terkadang ingin menggunakan jasa seorang pekerja lepas dengan harga yang murah,ini biasa disebut dengan “harga teman”,tentu ini akan merugikan sekali bagi seorang pekerja lepas,dan seharusnya sebagai teman itu paham bagaimana susahnya untuk menghasilkan karya yang bagus dan harus menyesuaikan dengan kehendak klien,belum lagi revisi dari klien,harusnya sebagai teman itu mendukung dan memberikan harga sesuai tingkat kesulitan bahkan memberikan uang lebih kepada teman sendiri.

Menjadi seorang pekerja lepas itu juga haruslah banyak sabar,karena kita sebagai orang yang di beri amanah untuk menyelesaikan suatu proyek tersebut haruslah sesuai dengan apa yang di kehendaki oleh klien.

Jika kita sudah mempunyai prinsip tersebut,maka akan mudah bagi kita memberikan harga yang sesuai dengan keinginan kita,dan klien pun dengan senang hati membayar kalian sesuai dengan kinerja proyek yang kalian hasilkan.

Jadi kita tidak boleh memberikan harga yang terlalu tinggi,sedangkan kualitas kinerja yang kita berikan tidak sesuai dengan harga yang kita berikan tersebut.

Baca juga: 10 Situs Freelance Terbaik Untuk Menambah Penghasilan

Hal-hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

1.Hak Cipta

hak-cipta

Sebagai seorang pekerja lepas(freelancer),kita juga harus memperhatikan yang namanya “copyright” atau yang biasa dalam bahasa Indonesia di sebut dengan “hak cipta“.Mengapa hak cipta itu penting?

Karena sebagai seorang owner dari sebuah karya atau pemegang hak cipta,itu pasti kita tidak ingin ada orang lain yang menjiplak ataupun menyebarluaskan karya yang di milikinya tanpa ada seizin dari owner karya tersebut.

Sebagai seorang owner pemegang hak cipta tersebut,si owner berhak membatasi bahkan memberikan hukum dengan ketentuan pasal yang berlaku,biasanya di denda uang hingga puluhan juta rupiah.Maka dari itu hindari yang namaya copyright,usahakan kalian berkarya dengan imajinasi kalian sendiri.

Jika kalian tetap tidak bisa mengimajinasikan suatu karya,maka kalian dapat menjadikan karya orang lain sebagai inspirasi atau referensi,yang terpenting kalian tidak boleh menjiplak 100% karya orang tersebut.

Apa sih hubungan eratnya hak cipta dengan seorang pekerja lepas?Tentu saja banyak sekali.Jika kalian adalah seorang pekerja lepas dan banyak menjiplak karya orang lain dan itu ketahuan oleh si pemilik karya tersebut,itu ada 2 pilihan,yakni kalian akan di denda langsung oleh si pemilik karya tersebut atau kalian akan di jerat oleh pasal hukum yang berlaku.Contohnya di Indonesia kemaren itu ada seorang designer yang di denda karena memakai font sembarangan.kalian bisa tonton videonya di bawah

Dari video di atas dapat di simpulkan bahwa selain karya kita tidak berkah,kita juga akan di kenakan pasal hukum yang berlaku ataupun di denda oleh si owner karya tersebut.maka dari itu kita jangan sampai ya guys melanggar hak cipta yang telah di buat peraturannya.

Keuntungan Menjadi Freelancer

keuntungan-menjadi-freelancer

Seperti yang saya kutip di artikel di atas,penghasilan seorang pekerja lepas itu terkadang tidak menentu.Sebagai contoh misalkan anda sekarang adalah seorang pekerja lepas di situs Fiverr,dalam bulan ini anda mungkin mendapatkan uang sebesar 50$ atau kalau di rupiahkan nilainya kisaran Rp.735.000.

Mungkin di bulan kedua ini anda akan mendapatkan penghasilan yang berbeda,jika di bulan pertama anda mendapat 50$ mungkin di bulan kedua ini anda akan mendapatkan 30$ atau kalau di rupiahkan nilainya kisaran Rp.441.000.

Jadi penghasilan menjadi seorang pekerja lepas itu tidak menentu dari bulan pertama sampai seterusnya,tergantung banyaknya proyek yang kalian kerjakan dalam satu bulan tersebut.

Walaupun menjadi seorang pekerja lepas itu tidak ada jaminan yang pasti berapa gaji atau penghasilan dalam sebulan,akan tetapi mereka memiliki keuntungan yang menarik yang mana ini tidak di miliki oleh seorang pekerja kantoran ataupun lainnya.

Tentunya beberapa keuntungan tersebut sangatlah memberikan suatu kenyamanan bagi para pekerja lepas,mari kita simak penjelasnya di bawah ini

1.Tidak Terikat Peraturan

Seorang pekerja lepas itu tidak ada yang mengatur kecuali diri nya sendiri.Tidak ada peraturan kantoran seperti harus datang tepat waktu,harus ke tempat kerja,jam istirahat,itu semua hanya di atur oleh si pekerja sendiri.Kalian dapat membuat peraturan kalian sendiri senyaman mungkin agar pekerjaan kalian bisa lebih mudah dan banyak di kenal oleh orang lain.

2.Fleksibel Waktu

Seperti yang sudah saya katakan di atas,bahwa seorang pekerja lepas itu tidak ada waktu-waktu yang harus mewajibkan mereka untuk bekerja.Mereka bebas mengatur waktu sesuai yang mereka inginkan.

Akan tetapi,biasanya kalau seorang pekerja lepas sudah mendapat pekerjaan dari seorang klien,itu ada yang namanya deadline tertentu yang mana mengharuskan mereka itu menyelesaikan pekerjaan yang di berikan sebelum deadline itu berakhir.

Contohnya jika kalian mendapat suatu proyek,misalkan membuat video animasi seharga 300 ribu dan perjanjiannya akan selesai dalam 4 hari,maka kalian sebisa mungkin menyelesaikan proyek tersebut sebelum 4 hari itu berakhir atau lebih bagus lagi jika kalian menyelesaikan proyek tersebut dalam 3 hari,maka itu akan membuat klien senang dan mungkin untuk selanjutnya akan mengorder jasa kepada kalian lagi,bahkan memberikan tip kepada kalian.

3.Fleksibel Tempat

Sebagai seorang pekerja lepas,tempat itu bukanlah suatu hal yang harus di wajibkan di suatu tempat.Bahkan pekerjaan ini bisa dari mana saja,di rumah,kantor,taman,dan masih banyak lagi.

Kalian cukup membawa laptop kalian yang biasanya kalian gunakan untuk mengerjakan proyek kalian dan hal tidak bisa jauh dari seorang pekerja lepas itu adalah internet,kalian harus mencari tempat yang ada internet atau kalian bisa mengaitkan hotspot dari handphone kalian.

Jika itu sudah terpenuhi maka kalian bisa bekerja dari mana saja sebagai seorang pekerja lepas.So kalian tidak perlu kemacetan di jalan jika ingin berangkat ke kantor.

4.Pendapatan Lebih Besar

Walaupun terkadang penghasilan seorang pekerja lepas itu tidak menentu,akan tetapi potensi nya bisa lebih besar,bahkan bisa mengalahkan gaji orang yang bekerja di kantoran.

Biasanya seorang pekerja lepas itu ada yang berpenghasilan tetap tiap bulanya,itu jika mereka mendapatkan kerja secara kontrak dalam suatu perusahaan dan sudah di percaya oleh perusahaan tersebut,maka akan mendapatkan gaji tetap perbulan oleh perusahaan tersebut.

5.Memiliki Usaha Sendiri

Kebanyakan para freelance itu memiliki usaha sendiri.Emang udah punya usaha sendiri kok dengan cara mengandalkan skill menjual jasa yang kita mampu kerjakan.

Awal-awal hanya kerja sambil duduk lesehan sambil makan mie atau sambil baring-baring cari inspirasi.Mungkin itu adalah hal yang biasa di lakukan oleh pekerja lepas ketika awal mula membangun brandingnya.

Setelah lama berjalan,mungkin 1 tahun smpai 2 tahun itu akan mulai ada perkembangan yang berbeda,mungkin mereka sudah membangun sebuah studio desain sendiri atau bahkan company yang kecil-kecilan lah sampai branding mereka terkenal ke mancanegara.

Akhirnya freelancer (pekerja lepas) yang hanya kerja biasa sambil lesehan atau baring-baringan bisa memperkerjakan orang-orang banyak sekaligus untuk lebih memperluas brand studio nya.

Baca juga: 10 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak di Butuhkan

Kekurangan Menjadi Freelancer

kekurangan-menjadi-freelancer

Walaupun banyak keuntungan yang di dapat oleh dalam pekerjaan ini,ada banyak juga tantangan dan rintangan yang harus kalian hadapi.Sebagai seorang pekerja lepas pun kalian harus sanggup menghadapi beberapa rintangan nya.Beberapa rintangannya adalah sebagai berikut:

1.di Bilang Pengangguran

Pada awal-awalnya kalian menjadi freelance,mungkin kaian akan di sebut-sebut sebagai pengagguran,mengapa?Karena terlihat pada awal-awal itu mungkin pekerjaan kalian tidak jelas ya sambil rebahan atau hanya terlihat duduk-duduk di depan laptop,maka bagi orang yang tidak paham dengan teknologi sekarang,akan menyebut kalian sebagai pengangguran.

2.Penghasilan Awal yang Rendah

Pada awal-awal sebagai freelancer,kalian akan mendapatkan penghasilan yang mungkin terbilang rendah,mengapa?Karena kalian masih pemula dan belum banyak di kenal oleh orang-orang dan skill kalian mungkin belum terlalu maksimal.

Akan tetapi jika kalian bersungguh-sunggu dan terus belajar menjadi freelancer yang baik dan benar,serta mempelajari skill-skill lainya maka lama kelamaan banyak orang yang mulai mengenal dan mempercayakan proyek-proyek mereka kepada kalian.

Maka lama-kelamaan yang awalnya penghasilan kalian rendah akan meningkat dengan adanya kepercayaan dari klien-klien yang telah memberikan proyek kepada kalian.

3.Disiplin Waktu Sendiri

Walaupun seorang freelance tidak memiliki bos dan bebas bekerja kapan saja dan dimana saja,yang namanya disiplin tetap tidak bisa dihilangkan.

Karena hal ini akan menghilangkan juga kepercayaan dari klien-klien yang telah mepercayakan proyek mereka kepada kalian sebagai seorang freelance.Maka dari itu di perlukan yang namanya kedisiplinan waktu untuk bekerja sebagai freelancer.

Misalkan kalian dapat proyek membuat desain logo,kemudian kalian telah berdiskusi dengan klien bahwa logo tersebut akan selesai dalam 5 hari,berarti kalian harus selesaikan mendesain logo tersebut dalam 5 hari jangan lebih,bahkan kalo bisa itu 4 atau 3 hari sudah selesai dan itu akan menambah kepercayaan klien kepada kalian,dan kemungkinan kalian akan di order kembali oleh mereka dengan proyek-proyek barunya.

4.Mengatur Financial Sendiri

Jika pada awal-awal mula kalian mendapatkan penghasilan yang rendah,maka wajib bagi kalian sebagai freelancer mengatur financial khusunya tentang keuangan dan berbelanja yang tidak terlalu penting.

Apalagi jika proyek kalian tidak terlalu banyak dan mungkin jarang sekali ada,itu kalian harus lebih ketat lagi mengatur finacial kalian.Berusaha menabung itu lebih bagus sebagai freelancer untuk membeli kebutuhan kerja seperti beli komputer,meja kerja,kursi,dan peralatan kerja lainya.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan tentang pengertian dan keuntungan serta tantangan menjadi seorang freelancer.Pada dasarnya menjadi freelancer itu tidaklah susah dan juga tidaklah mudah,semuanya tergantung kita yang menjalani.

Siapa saja bisa jadi freelancer,akan tetapi tidak semua orang bisa konsisten melakukannya,hal ini mungkin di karenakan ada orang-orang yang tidak suka kerja hanya duduk saja,mungkin orang itu sudah terbiasa dengan kerja yang banyak gerak dan mengeluarkan keringat.

Tapi,itu semua adalah pilihan kita masing-masing,jangan hanya tergiru pada uangnya saja,tetapi sesuaikan dengan kenyamanan dan suka atau tidaknya diri kita pada pekerjaan tersebut.

Kesimpulan:

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai apa itu freelance.

Jika kalian tertarik ingin bekerja sebagai pekerja lepas,ada baiknya kalian tentukan dulu niche apa yang kalian inginkan atau cocok dengan kalian,entah itu video editing,animasi,desain grafis,pemograman,ataupun yang lainya.

Jangan takut untuk bersaing walaupun secara materi kalian sekarang masih pemula yang tidak tahu apa-apa.Mulai aja dulu,bahkan kalian dapat mengalahkan orang yang kalian anggap hebat sekarang,yaitu dengan cara belajar dan praktek setiap hari.

Karena biasanya orang-orang yang sudah merasa bisa,mereka akan malas untuk belajar lagi dan akan staknan ilmu mereka begitu-begitu saja.Mungkin itu saja pembahasan dari saya kali ini,semoga bermanfaat dan jangan lupa komentar di bawah,jika kalian memiliki masalah silahkan berdiskusi ya sobat.

Gambar Gravatar
Sebuah situs blog portal multimedia dan teknologi informasi,yang ingin berbagi tentang hal menarik seputar multimedia dan seni teknologi terbaru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *